Formasi CPNS 2013Info CPNS 2013: Penerimaan CPNS Dilaksanakan Bulan September. Kemen PAN -RB atau Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mantap guna menjalankan persiapan tes rekrutmen CPNS baru. Kemen PAN -RB berencana melaksanakan rekrumen CPNS umum baru pada September 2013 mendatang.

Adalah Tasdik Kinanto yang juga merupakan Sekretaris Kemen PAN-RB menyatakan bahwa anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS 2013 telah disiapkan. Hal ini karena anggaran untuk perekrutan CPNS tidaklah masuk dalam daftar anggaran yang diblokir oleh Kementrian Keuangan. Menurutnya, anggaran yang diblokir Kemenkeu adalah anggaran untuk tes CPNS baru dari formasi tenaga honorer kategori 2.

“Hal tersebut pun juga sudah ada yang dicairkan dan tentu tidak mengganggu jadwal perekrutan CPNS bagi pelamar umum,” terangnya.

Untuk anggaran tes CPNS baru dari pelamar umum, Kemen PAN-RB belum membebernya. Tetapi tes CPNS baru dari pelamar tenaga honorer, awalnya disiapkan sebesar Rp148 miliar. Tetapi setelah pembahasan dengan Kemenkeu, anggaran itu dikepras menjadi  Rp93 miliar dan yang bebas dari blokir baru Rp28 miliar.

Dia mengatakan jika saat ini Kemen PAN-RB sedang menggodok formasi CPNS baru dari pelamar umum. Penentuan formasi ini sumbernya dari beberapa hal. Mulai dari usulan instansi pusat maupun daerah, perhitungan kebutuhan riil aparatur baru, hingga hasil analisis beban kerja dan jabatan. Dengan ketentuan ketat itu, diharapkan jumlah formasi CPNS baru sesuai dengan PNS yang akan pensiun (zero growth).

Syarat pengusulan formasi CPNS baru yang lumayan banyak itu, merupakan peninggalan masa moratorium atau penghentian sementara pengangkatan CPNS baru. Program moratorium tersebut sejatinya sudah berakhir per 31 Desember 2012 lalu, tetapi persayaratan-persyaratannya tetap dipakai.

Selain menyiapkan formasi alokasi CPNS baru, Kemen PAN-RB juga sedang mematangkan jadwal tetap rangkaian pelaksanaan tes. Diharapkan dalam beberapa waktu ke depan, jadwal rangkaian pelaksanaan tes CPNS untuk pelamar umum itu segera keluar.

Meskipun formasinya belum ditetapkan, tetapi Kemen PAN-RB sudah memiliki ancar-ancar kursi CPNS baru yang akan diperebutkan masyarakat. Secara keseluruhan pemerintah mengalokasikan 60 ribu kursi. Rinciannya adalah 20 ribu kursi untuk instansi pusat dan 40 ribu kursi sisanya untuk instansi daerah.

Jumlah kuota CPNS baru ini memang relatif kecil jika dibandingkan dengan periode-periode sebelumnya. Namun Tasdik menuturkan kebutuhan PNS akan ditambal dari pengangkatan tenaga honorer kategori 2.

Rencananya pengangkatan ini berlangsung Juli mendatang dengan skema ujian tulis sesama tenaga honorer. Kuota yang disiapkan pemerintah adalah 100 ribu kursi, sedangkan jumlah tenaga honorer kategori 2 hampir 600 ribu orang.

Untuk rekrutmen baru CPNS, sejumlah provinsi dan kabupaten sudah mengusulkan kuota ke Kementerian PAN dan RB.  Pemerintah Provinsi Sulawesi Sealatan misalnya mengusulkan 1.885 kuota. Rinciannya tenaga medis 526 orang dan tenaga teknis berjumlah 1.359 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Makassar, Muhammad Kasim Wahab yang dikonfirmasi malam tadi juga mengaku sudah menyiapkan kuota untuk PNS baru. Hanya saja, pihaknya masih menunggu petunjuk dan ketentuan teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Yang terang menurut Kasim, pemerintah kota Makassar masih kekurangan ribuan PNS terutama untuk guru dan tenaga teknisi. “Informasinya memang ada penerimaan CPNS tahun ini. Tetapi kami belum pastikan jadwalnya karena belum ada petunjuk dari pusat,” kata Kasim. (jpnn-lys/pap)