Formasi CPNS 2013 Akan Diumumkan Bulan Agustus

Jakarta – Penetapan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS diperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Begitupula dengan jadwal seleksinya yang diperkirakan tidak akan beranjak dari Bulan September.

 

“Ya, kemungkinan besar untuk penetapan serta seleksi CPNS 2013 akan sama seperti tahun lalu lah. Juli hingga Agustus adalah pengumuman penetapan formasi, sedangkan bulan September adalah tes,” ungkap Petrus Sujendro yang merupakan¬† Kasubag Humas dan Protokol BKN seperti dikutip dari JPPN, Senin (11/13).

 

Terkait dengan mekanisme penetapan formasi CPNS 2013 dari pelamar umum, setelah usulan dari instansi pusat dan daerah ditermila maka perlu diverifikasi dan validasi terlebih dahulu. Hasilnya kemudian akan dibahas bersama antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), BKN, dan Kementerian Keuangan. Setelah selesai, baru kemudian kita laporkan kepada Wakil Presiden, Boediono.

 

“Nanti pak Wapreslah yang akan tentukan total kuota untuk pelamar umum dan honorer K2 yang akan diangkat di tahun ini sesuai dengan keadaan finansial negara. Setelah itu, baru kita bahas dengan para Anggota DPR guna penganggarannya. Sedangkan untuk penetapan formasi CPNS 2013 akan menjadi kewajiban dari MenPAN-RB,” tambahnya.

 

Sebelumnya, Tasdik Kinanto, yang merupakan Sekretaris KemenPAN-RB mengungkapkan bahwa kuota CPNS dari pelamar umum akan berjumlah 60.000 yang terdiri dari 20.000 dan 40.000. Sedangkan formasi CPNS 2013 yang diutamakan pada rekrutmen CPNS 2013 ini adalah penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan.